OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN UMKM ANGGOTA MAJELIS TAKLIM AN-NISAA
DOI:
https://doi.org/10.56445/jppmj.v2i1.61Keywords:
Digital Marketing & UMKMAbstract
Kegiatan ini bertujuan memotivasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengelola dan memikirkan strategi yang efektif guna meningkatkan penjualan UMKM Anggota Majelis Taklim An-Nisaa di Perumahan Bumi Tegar Beriman Residence Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor sebagai upaya pencapaian tujuan besar, yaitu untuk membangun perekonomian desa di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia terutama pada masa covid-19 ini. Isu nasional yang menjadi keprihatinan bangsa Indonesia ini juga yang menjadi acuan dalam penyusunan PkM – di Perumahan Bumi Tegar Beriman Residence Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Program yang kami usulkan adalah ”Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan UMKM Anggota Majelis Taklim An-Nisaa. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam peningkatan penjualan UMKM melalui optimalisasi penggunaan digital marketing. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti sosialisasi, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan Desa mandiri melalui kelompok UMKM yang kuat dan dikenal masyarakat luas sehingga bisa menjadi sumber penggerak ekonomi di Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.
References
A Ariyanto, D Prasada, N Oktavianti, KD Wijayanti, (2022) Edukasi Bagaimana Menjadi Wirausaha Di Babakan Kelapa Dua Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
Ariyanto, A. (2021:10). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 1. Insan Cendekia Mandiri
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.
Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library
Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).





