LANGKAH AWAL STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA USAHA KECIL MENENGAH PADA WARGA RT.01/04 KAV. SERPONG TANGERANG SELATAN

Authors

  • Dodi Prasada Universitas Pamulang
  • Nopi Oktavianti Universitas Pamulang
  • Nariah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.56445/jppmj.v2i1.55

Keywords:

Kata kunci : UKM, Manajemen SDM

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan menimbulkan minat usaha mandiri (berwirausaha) yang dapat meningkatkan pendapatan (income) keluarga, yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga (masyarakat). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam implementasi program adalah penyuluhan pengetahuan dan pemahaman kepada warga RT.01/04 kavling Serpong Tangerang Selatan tentang bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam hal ini usaha minuman kekinian serta penyuluhan tentang memahami langkah awal strategi pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Usaha kecil Menengah (UKM).

Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di RT.01/04 Kav. Serpong Kota Tanggerang Selatan, Banten. Selama kegiatan berlangsung peserta penyuluhan memberikan tanggapan yang sangat baik. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan bagi warga setempat, sehingga tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan tetapi juga dapat menumbuhkan semangat berwirausaha apalagi dimasa pasca pandemi seperti saat ini.

References

Alma, B. (2011). Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Bandung: Alfa Beta.

Esay, N. A. (2013). Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada USAha Mikro dan Kecil di Jawa Timur. Agora, 1(3), 1161-1173.

Farida, S. I., Zulkarnain, I., Safiih, A. R., Prasada, D., & Oktavianti, N. (2020). Penyuluhan dan Berbagi Bersama untuk Guru Ngaji yang Terdampak Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Haris, D. M. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Sektor Informal dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan.

Irnawati, J., Febriana, H., Suryanto, W., Cay, S., & Sukapti, S. (2020). Pembekalan Ilmu Kewirausaha untuk Generasi Muda dalam Persaingan Ekonomi Global. DEDIKASI PKM, 1(1), 41-47.

Ivanevich M. John, Konopaske, Robert. 2013. Human Resource Management (Twelfth Edition). New York: McGrawhill.

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.

Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.

Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.

Mulyana, M. (2010). Manajemen sumber daya manusia (sdm) ritel dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ilmiah Ranggagading, 10(2), 164-170.

Nuryani, Y., Oktavianti, N., Nariah, N., Prasetiyani, D., & Astuti, A. (2021). TATA KELOLA ORGANISASI DALAM ORGANISASI SOSIAL-KEMASYARAKATAN. DEDIKASI PKM, 3(1), 35-39.

Oktavianti, N. Strategi Mendorong Sdm Tetap Unggul Di Masa Pandemi. Membangun SDM Tangguh di Tengah Gelombang, 35

Pengembangan Karyawan. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Yogyakarta: BPFE. Sugiyono. 2011. Bandung: Alfabeta.

Sudarwati, Y. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri E-Commerce Indonesia. IX (17), 13-16.

Suryana. (2014). Kewirausahaan, Edisi IV. Jakarta: Salemba Empat.

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).

Wulansari, R., Andriani, J., Maswarni, F. S., & Oktavianti, N. PELATIHAN DECOUPAGE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN WARGA BENDA BARU PAMULANG DI MASA PANDEMI

Downloads

Published

2022-08-16

Issue

Section

Articles