MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN KEKINIAN
DOI:
https://doi.org/10.56445/jppmj.v2i1.39Keywords:
Kata Kunci: Minat wirausaha, pelatihanAbstract
Langkah awal yang harus dilakukan dalam menumbuhkan minat wirausaha adalah dengan memberikan berbagai pelatihan usaha. Dengan cara sederhana mudah dipahami dan mudah untuk dijalankan, serta dengan modal yang relatif kecil, maka usaha tersebut akan diminati Dengan minat wirausaha tersebut seseorang akan termotivasi agar selalu produktif dan berfikir kreatif serta melakukan inovasi- inovasi baru guna menciptakan peluang usaha-usaha yang lebih menguntungkan. Membuat rencana serta menentukan langkah strategi yang tepat sebelum memulai berwirausaha menjadi salah satu kunci utama yang akan menentukan tingkat keberhasilan usaha serta mampu menghadapi persaingan ketat tentunya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan edukasi mengenai cara menumbuhkan jiwa wirausaha, melalui pembuatan minuman kekinian, mengelolanya dan memasarkan hasil usaha tersebut yang diharapkan dapat menjadi mata pencarian untuk warga RW 04 Kelurahan Serpong Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode yaitu ceramah, diskusi, praktek dan tanya jawab, serta pendampingan bagi warga masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan warga masyarakat yang produktif melalui wirausaha yang baik.
References
A Ariyanto, D Prasada, N Oktavianti, KD Wijayanti, (2022) Edukasi Bagaimana Menjadi Wirausaha Di Babakan Kelapa Dua Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika,
Abu Marlo. (2013). Entrepreneurship Hukum Langit. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ariyanto, A. (2021:10). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 1. Insan Cendekia Mandiri
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3166427/20-tips-sukses-bangun-bisnis-dari- nol
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Latief, Jamil. (2017). Kewirausahan (Kiat Sukses Menjadi Wirausaha).
Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.
Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Schumpeter, Joseph. (1951). "Change and the Entrepreneur" in Essays of J.A.
Steinhoff, Dan. (1979). The World of Business, Volume 2 of Grolier Business Library. New York. McGraw Hill Book Co
Suryana. (2013). Kewirausahaan Pendoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta. Salemba Empat
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).





