PEMBERDAYAAN UMKM KRIPIK CABAI KELURAHAN AIR HITAM KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.56445/jppmj.v2i1.31Keywords:
PemberdayaanAbstract
Usaha Kripik Cabai merupakan salah satu dari industri rumahan yang ada di Pekanbaru yang didirikan pada tahun 2010. Usaha Kripik Cabai ini telah berdiri selama 11 tahun akan tetapi belum terlihat perubahan ekonomi yang begitu jelas terhadap usahanya. Hal ini terlihat dari minimnya sarana prasarana yang dimiliki karna hanya menggunakan alat – alat tradisional untuk memproduksi keripik cabai dan menggunakan tempat seadanya sebagai tempat penyimpanan keripik cabai yang sudah selesai digoreng. Akan tetapi untuk penjualannya lumayan benyak karena pembeli biasa memesan dalam jumlah yang banyak, karen untuk memproduksi nya sendiri beliau hanya dibantu keluarga saja tidak ada karyawan dari luar dikarenakan potensi penjualan yang masih pasang surut kadan banyak pesanan kadang hanya beberapa saja. Dikarenakan beliau membuat kripik cabai tersebut dalam sistem pre order, dilingkungan usaha tersebut sudsk baik untuk memasarkan produknya tetapi kurang efektif jika ingin meningkatkan penjualannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah
sebagai berikut pemasaran yang dilakukan pada penjualan kripik cabe ini di lakukan secara bertahap mulai dari menjual di toko sampai menjual di ibu-ibu arisan Dengan melakukan praktik penjualan kripik cabe tim pengabdi telah mendapatkan pengalaman dalam melakukan pemasaran sehingga kedepannya mahasiswa dapat menerapkan nya baik di perusahaan maupun di tempat mahasiswa bekerja di kemudian hari
References
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.
Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Suyanto Muhamad Afan, 2020. Pemberdayaan Masyarakat Desa Topi Biau Melalui Pelatihan Pembuatan Kripik Pisang. Jurna Insan Cita, Volume 2, Nomor 1.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).
Zulkifli,dkk,2022. Pemberdayaan UMKM Melalui Inovasi Rasa, Pengemasan Serta Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing "Kripik Singkong" Desa Langko di Era Industry 4.0. Jurnal Magister Pendidikan IPA.





