PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA KOMUNITAS OLAH RAGA KEBUGARAN INDONESIA (ORKI) TANGERANG SELATAN
Keywords:
Bisnis Online; Pemasaran Online; KomunitasAbstract
Pemanfaatan media digital seperti media sosial, website, atau platform promosi online lainnya dapat digunakan sebagai sehingga untuk memperluas cakupan komunitas sebuah organisasi serta mampu memperluar jaringan pemasaran. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk menjangkau konsumen, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan konversi penjualan. Tujuan Pegabdian kepada Masyarakat ini adalah Memberikan pembekalan anggota komunitas ORKI untuk berwirausaha melalui Bisnis digital serta mampu menjalankan setrategi digital marketing. Metode yang diterapkan adalah Ceramah, Demontrasi, Dokumentasi, sharing, tanya jawab, diskusi serta praktek membuat konten pemasaran. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pelatihan “digital marketing’ memberikan kemudahan bagi peserta serta dalam menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran serta menambah keterampilan dalam meningkatkan pendapatan bisnisnya secara efektif dan efisien
References
Abu Marlo. (2013). Entrepreneurship Hukum Langit. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yusuf, A., Ariyanto, A., & Ivantan, I. (2024). Meningkatkan Soft Skill Komunikasi Pemasaran yang Efektif pada Desa Rancasumur Kec. Kopo Kab. Serang. AMANAH MENGABDI, 1(1), 87-92.
Ariyanto, A., Ghozali, Z., Munyati, M., Ambarwati, R., Nelly, N., Revita, N., ... & Pratisila, M. (2024). Manajemen Layanan Pelanggan.
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99
Ariyanto, A. (2021:10). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 1. Insan Cendekia Mandiri
Ariyanto, A., & Capriati, Z. F. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Umkm Anggota Majelis Taklim An-Nisaa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 2(1), 22-25.
Ariyanto, A., Prasada, D., Oktavianti, N., & Wijayanti, K. D. (2022). Edukasi Bagaimana Menjadi Wirausaha Di Babakan Kelapa Dua Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 1(2), 31-37.
Bangun, R., Komarudin, P., Sari, P. N., Ariyanto, A., Mulyani, M., Afnarius, S., ... & Dyanasari, D. (2023). ELECTRONIC BUSINESS.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2020). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. E., ... & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. Academic and Scientific Journals, 6(1), 37-44.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-Commerce 2016: Business, Technology, Society (12th ed.). Pearson.
Faisal, M., Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., & Purwanti, P. (2020). Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic Pada Rumah Tahsin Al Hikam, Pondok Kacang Timur Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 2(1), 44-49.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-Commerce 2016: Business, Technology, Society (12th ed.). Pearson.
Ryan, D., & Jones, C. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). Kogan Page.
Suryana. (2013). Kewirausahaan Pendoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta. Salemba Empat
Wijayanti, K. D., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2022). Menumbuhkan Minat Wirausaha Melalui Pelatihan Pembuatan Minuman Kekinian. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 2(1), 7-11.





