PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM RT 04/RW 12 KELURAHAN PARIT MAYOR KECAMATAN PONTIANAK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.56445/jppmj.v1i2.20Keywords:
UMKM, pemasaran, digital marketing, workshop, aplikasi digitalAbstract
Melihat situasi kondisi yang belum normal hingga saat ini cukup memberikan dampak utamanya di bidang ekonomi, seperti halnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik minat konsumen adalah dengan melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan digital marketing. Tujuan dari digital marketing ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Digital marketing diartikan sebagai pemasaran produk atau jasa melalui internet atau disebut dengan pemasaran-i, web marketing, online marketing, e-marketing, atau e-commerce. Tujuan dan target yang ingin dicapai dalam pengabdian masyarakat ini adalah memeprkenalkan materi tentang digital marketing, Mengenal dan mengetahui tentang fitur- fitur yang disediakan oleh aplikasi digital marketing pada peserta workshop yaitu pelaku usaha yang ada pada RT 04 RW 012 Kelurahan saigon Pontianak Timur dan dimana usaha dari pelaku UMKM semakin meningkat dengan adanya pelatihan digital marketing. Adapun materi yang diberikan pengenalan digital marketing dan pemanfaatannya, workshop hingga Project dan evaluasi. Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini masyarakat khususnya pelaku usaha pada RT 04 RW 012 Kelurahan saigon Pontianak Timur ini dapat memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan usaha dan mampu memperluas jaringan atau area bisnisnya.
References
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Ryan, D. (2014). Understanding Digital Marketing. Great Britain: Kogan Page Limited.
Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F. (2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web- based educational environment. Computers & Education, 74, 81–97.
Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya Jurnal Ilmiah, Agama dan Budaya.
Wijoyo, H. (2021). Dosen Inovatif Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).





