PERAN MEDIA SOSIAL UPAYA PENINGKATAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS SWALAYAN 777 PEKANBARU)

Authors

  • Rahma Yulita STIE Mahaputra Riau
  • Firmansyah STIE Mahaputra Riau
  • Adry STIE Mahaputra Riau
  • Hadion Wijoyo STMIK Dharmapala Riau
  • Hamdi Indra Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Media Sosial dan Strategi Penjualan

Abstract

Perkembangan teknologi yang telah membawa suatu perubahan budaya dalam kehidupan sehari-hari pada saat kondisi sekarang ini. Zaman sekarang ini, yang sering dikenal sebagai "Era Informasi", media elektronik telah menjadi sebagai salah satu media utama dalam hal komunikasi dan bisnis, hal ini juga didorong dengan pertumbuhan ekonomi orang yang berbisnis online. Mengembangkan alat promosi sebagai strategi peningkatan penjualan salah satunya dengan menggunakan smartphone yang untuk terhubung media internet memudahkan calon pembeli untuk menemukan barang yang mereka cari melalui perangkat komunikasi mereka. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan wawasan mendalam kepada pemilik usaha mengenai pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai platform digital dalam mendukung pertumbuhan bisni, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini salah satu media sosial yang tim pengabdi pergunakan dalam kegiatan ini yaitu TikTok, sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, menawarkan peluang besar bagi pelaku usaha untuk meningkatkan visibilitas produk, menjangkau pasar lebih luas, dan membangun hubungan interaktif dengan pelanggan melalui fitur live streaming

References

Christianti Shenda Aprilia, Devi Anggraeni dan Hermin Sirait. Peran Media Sosial Terhadap Upaya Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM(Studi Kasus: Kacang Mede “Dapur UMI”, Cileungsi-Bogor). Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 4, Nomor 2.

Sinulingga, G., Setiawati, S., Furkonudin, F., Thantawi, A. M., Nurliyah, E. S., Lubis, A. L. P., & Faizal, H.2023. Pelatihan Digital Marketing Dengan Aplikasi Tik Tok Serta Optimalisasi Live Tik Tok Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Pelaku Umkm Binaan Gemma Indonesia Raya. Ikra-Ith Abdimas, Volume 6, Nomor 2.

Rakhmad, F. F., & Kusuma, Y. B. 2023. Pemanfaatan Live Streaming Dalam Optimalisasi Penjualan Di Pt Behaestex (Studi Kasus Pada Platform Tiktok). Karya, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, Nomor 2.

Kadarisman, N. A., & Ekawati, R. (2024). Optimalisasi media sosial tiktok live sebagai media komunikasi persuasif pada fashion untuk menghasilkan omzet sesuai target (studi kasus pada Oemah Gamis). Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1)..

Prasetya Adhitya Tiga, Sugiharti, dan Zati Rizka Fadhila. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja. Jurnal Budimas, Volume 3, Nomor 1.

Downloads

Published

2025-02-16

Issue

Section

Articles