PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN KEPADA GURU MENGGUNAKAN CHAT GPT
Keywords:
media pembelajaran, chat gpt, kecerdasan buatanAbstract
Penguasaan teknologi dalam dunia pendidikan sangat penting di era digital ini, terutama untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa sebagai bekal masa depan. Salah satu penyebab SDN Bojonggede 03 mengalami kesulitan dalam meningkatkan pengetahuan siswa adalah karena guru tidak selalu menguasai teknologi terkini. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kompetensi guru, diperlukan pelatihan pengembangan materi pembelajaran dan modul pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI). Tujuan dari kursus ini adalah untuk membantu guru menjadi lebih mahir dalam membuat modul pembelajaran yang menarik, kreatif, dan berpusat pada siswa. Sosialisasi, instruksi, bantuan implementasi teknologi, dan penilaian adalah teknik yang digunakan dalam pelatihan ini. Guru dilatih untuk membuat modul pengajaran berbasis AI, seperti Chat GPT yang dapat digunakan dalam pembelajaran sehari-hari. Mereka juga dilatih untuk membuat materi pembelajaran yang didukung kecerdasan tiruan yang akan membantu siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Berdasarkan hasil pelatihan, pemahaman dan kecakapan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan tiruan dalam membuat materi pembelajaran meningkat secara signifikan. Untuk meningkatkan pembelajaran, para pendidik mampu mengembangkan rencana pelajaran dan sumber daya pendidikan dengan memanfaatkan teknologi AI. Para guru juga memperoleh manfaat besar dari pelatihan ini dalam hal kemampuan mereka untuk membuat materi pembelajaran dan administrasi guru secara efektif. Untuk meningkatkan pengetahuan siswa, yang pada waktunya mendorong peningkatan standar pendidikan, telah terbukti bahwa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berbasis teknologi seperti kecerdasan buatan sangatlah penting.
References
Anggoro, D., Rolia, E., Rahayu, S. R., Hidayat, A., & Mujito, M. (2024). Optimalisasi PembuatanMedia Pembelajaran dengan AI di SMK Muhammadiyah Way Sulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3230–3236.
Azizah, N. L., Suci, T. P., & El Walida, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Canva pada Calon Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(2), 101–108.
Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56.
Mahmudah, W., Roisatun, N., Lailatul, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar dan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence. Communnity Development Journal, 5(5), 9038–9043.
Murtafiah, W., Krisdiana, I., Fitria, R. N., Ningrum, P. P., & Subeqi, E. F. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa Melalui Proyek Kolaborasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 2(3), 694–703.
Maulana, M.S., Nurmalasari, Widianto, S.R., Safitri, S.D.A., Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence di Kelas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16–19.
Naibaho, T. (2022). Penguatan literasi dan numerasi untuk mendukung profil pelajar pancasila sebagai inovasi pembelajaran matematika. Sepren.
Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.
Yanti, M. (2023). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1138–1148.





