EDUKASI BAGAIMANA MENJADI WIRAUSAHA DI BABAKAN KELAPA DUA KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.56445/jppmj.v1i2.16Keywords:
Kata Kunci: wirausaha, usaha dan pemasaranAbstract
Untuk membangun sebuah usaha atau bisnis, dan mewujudkannya agar menjadi entrepreneur sukses, diperlukan langkah awal yaitu harus menumbuhkan jiwa entrepreneur. Untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur itu sendiri diperlukan keahlian khusus. Jiwa entrepreneur bisa kita pelajarai. Dengan jiwa entrepreneur, seseorang akan termotivasi agar selalu produktif serta melakukan inovasi-inovasi baru guna menciptakan peluang usaha yang lebih menguntungkan. Membuat strategi dan menentukan langkah-langkah yang tepat sebelum memulai berwirausaha menjadi salah satu kunci utama yang akan menentukan apakah usaha anda berhasil atau tidak nantinya, serta membuat usaha tersebut mampu bertahan didalam menghadapi persaingan ketat tentunya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatandari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan edukasi mengenai cara menumbuhkan jiwa wirausaha, memberikan edukasi mengenai cara memulai sebuah usaha, serta memberikan edukasi mengenai cara mengelola usaha dan memasarkan hasil usaha kepada warga Rw 04 Kelurahan Babakan Kelapa Dua Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, praktek dan tanya jawab, serta pendampingan bagi warga masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan warga masyarakat yang produktif melalui wirausaha yang baik.
References
Abu Marlo. (2013). Entrepreneurship Hukum Langit. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ariyanto, A. (2021:10). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 1. Insan Cendekia Mandiri
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Latief, Jamil. (2017). Kewirausahan (Kiat Sukses Menjadi Wirausaha).
Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.
Schumpeter, Joseph. (1951). "Change and the Entrepreneur" in Essays of J.A.
Siu, O. C., Wijoyo, H., & Lamirin, L. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Dhammaduta Majelis Buddhayana Indonesia Pengurus Cabang Medan. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 49-54.
Steinhoff, Dan. (1979). The World of Business, Volume 2 of Grolier Business Library. New York. McGraw Hill Book Co
Suryana. (2013). Kewirausahaan Pendoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta. Salemba Empat
Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23-29.
Wijoyo, H. (2021). Dosen Inovatif Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
https://aksato.com/belajar/6-langkah-menumbuhkan-jiwa-entrepreneur-sejak-dini
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengusaha-dan-entrepreneur-itu-beda-apa-perbedaannya/
https://kecsetu.tangerangselatankota.go.id
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3166427/20-tips-sukses-bangun-bisnis-dari-nol





