ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI 1 MOYOKETEN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.56445/jje.v3i1.98Keywords:
Aplikasi Kahoot, Keterampilan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Melalui kemajuan teknologi internet yang terus berkembang, pendidik atau guru diwajibkan dapat lebih kreatif dalam memyampaikan materi ke siswa terutama siswa di SD, oleh karenanya media yang menarik akan berkesan pada bayangan siswa. Seperti halnya menggunakan media pembelajaran tambahan seperti aplikasi kahoot, agar siswa tidak merasa bosan dan proses belajar mengajar lebih menarik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimana pemanfaatan aplikasi Kahoot dalam keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Moyoketen Tulungagung?”. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa. Instrumen yang digunakan berupa pertanyaan dengan jawaban yang sudah tersedia jawaban terdiri dari 5 soal dengan skor tertinggi 4. Hasil penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi kahoot ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa merasa tidak bosan dengan diadakannya kuis melalui aplikasi kahoot. Hal ini dibuktikan dengan hasil data yang diperoleh oleh peneliti saat melakukan observasi dan wawancara di SD Negeri 1 Moyoketen Tulungagung. Aplikasi kahoot ini menyediakan banyak sekali fitur-fitur, sehingga membuat penampilan kuis lebih menarik perhatian siswa. Fitur dalam aplikasi ini daoat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk mengakses serta mencoba menggunakan kuis dari berbagai macam materi pembelajaran.Fitur yang sering digunakan yaitu fitur kuis, dimana fitur tersebut guru mampu menampilkan soal atau pertanyaan dengan menggunakan gambar, suara, maupun tulisan. Siswa menjawab dengan cara menghafalkan atau melihat simbol-simbol yang ada pada layar. Selain itu, pada aplikasi ini juga mampu menampilkan hasil skor akhir dengan menampilkan peringkat bagi siswa yang menjawab pertanyaan benar dengan jumlah banyak.
Kata Kunci: Aplikasi Kahoot, Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia.
References
Aceng Cucu Bunyamin, Dewi Rika Juita, Noer Syalsiah. 2020. Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran, Gunahumas Jurnal Kehumasan, Vol 3, No 1.
Aceng, dkk,. 2020. Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas. Jurnal Kehumasan. Garut: Jawa Barat.
Andari, Rafika. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot Pada Pembelajaran Fisika, Orbita. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika Volume 6, Nomor 1.
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahar, Herwina., Dewi Setiyaningsih, Laily Nurmalia, Linda Astriani. 2020. Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kacanegara. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Eko Agustinova, Danu. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Fazriyah, Nurul., Aas Saraswati, Jaka Permana, Rina Indriani. 2020. Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran SD, Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Volume VI Nomor 01.
Fuzidri, Harris Effendi Thahar, Abdurahman, Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Siswa Kelas Viii 5 Mtsn Kamang Kabupaten Agama, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, Vol. 2 No.3 Tahun 2014.
Gloria, dkk. 2019. “Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi Intitut Pertanian Bogor”. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal.
Hidayah, Nurul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Ngerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No.1 Juni 2017.
Kemendikbud. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mustikawati. 2019. Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastr (pp. 99-104).
Neolaka, Amos dan Grace Amialia. 2017. Landasan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Perdana, Indra., Rinda Eria Solina Saragi, Eric Kunto Aribowo. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol: 08/02Desember.
Rivai. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Rofiyarti, Fitri and Anisa Yunita Sari. 2017. Tik Untuk Aud: Penggunaan Platform Kahoot Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak. PEDAGOGI .
Sagala, Syaful. 2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukesi, Keppi. 2015. Gender dan Kemiskinan di Indonesia. Malang: UB Press.



