TEKNIK PENGUMPULAN DATA EVALUASI PENDIDIKAN

Authors

  • Desvi Dahlia Universitas Islam Indragiri
  • Silvia Wulandari Universitas Islam Indragiri
  • Haldian Universitas Islam Indragiri
  • Irjus Indrawan Universitas Islam Indragiri

DOI:

https://doi.org/10.56445/jje.v4i2.174

Keywords:

Teknik Pengumpulan Data, Evaluasi, Pendidikan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya Teknik Pengumpulan Data Evaluasi Pendidikan dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Teori dan pemikiran   yang   tertuang   dalam   sumber   pustaka   digunakan   sebagai   dasar   bagi   peneliti   untuk mendeskripsikan  dan  menganalisis  seputar  Teknik Pengumpulan Data Evaluasi Pendidikan. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data dalam evaluasi pendidikan sangat bervariasi, mulai dari metode tradisional seperti observasi, wawancara, dan angket, hingga teknologi modern seperti platform survei daring, LMS, big data, dan aplikasi mobile. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga pemilihan teknik yang tepat harus mempertimbangkan konteks evaluasi, jenis data yang diinginkan, serta sumber daya yang tersedia.

References

Suarjana, A. A. G. M., & Wahyuni, L. M. (2017). Faktor penentu minat berwirausaha mahasiswa (Suatu evaluasi pembelajaran). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 11-22.

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi evaluasi program pendidikan di tingkat sekolah dasar dan menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 142-156.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), 103-110.

Choiroh, M. (2021). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis media e-learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41-47.

Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735-739.

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83-97.

Hanafiah, H. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran (Lms) Dalam Konteks Pendidikan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1147-1162.

Efgivia, M. G. (2020). Pemanfaatan big data dalam penelitian teknologi pendidikan. Educate: Jurnal teknologi pendidikan, 5(2), 107-119.

Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam mendukung efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1265-1271.

Paryati, dkk. Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Pendidikan. JUPIK: Jurnal Pelita Pendidikan. Volume1 Nomor1 Tahun 2024. Hlm. 15. https://jurnalpelitanegribelantaraya.com/index.php/jupik/article/view/96/40

Downloads

Published

2025-02-10

Issue

Section

Articles