PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SD NEGERI 18 BATU TERITIP

Authors

  • Ayu Purnamasari S STAI AL-Kifayah Riau
  • Winarseh FKIP Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56445/jje.v3i2.136

Keywords:

Pendekatan Konstruktivis, Hasil Belajar IPA Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Pendekatan Konstruktivitiks. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2021 dengan jumlah siswa 25 orang dengan 13 orang anak laki – laki dan 12 orang anak perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Pencapaiannya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa, aktivitas guru. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembaran observasi aktivitas siswa dan guru. dilihat dari hasil lembaran observasi siswa dan guru  pada siklus I belum memenuhi ketuntasan minimum pembelajaran walaupun sudah menggunakan pendekatan konstruktivis  tetapi guru belum memberikan motivasi kepada siswa sehingga masih membuat siswa rancu. Pada siklus II dilihat dari instrumen lembaran observasi siswa dan guru sudah memenuhi nilai minimum pembelajaran, dengan menggunakan motivasi kepada siswa sudah bagus dan pengunaan pendekatan konstruktivis dengan tepat. Kekurangan dari simulasi I dan simulasi II perlu adanya praktik langsung sehingga siswa dapat memahami maksud dan tujuan pembelajaran. Kesabaran dan ketelitian guru dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi seperti ini. Kesimpulannya, Dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat membuat peserta didik lebih paham, dan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Pada saat melakukan video simulasi guru dengan jelas dan sistematik menyampaikan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Serta baik dalam mengolah waktu sehingga seluruh kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik. Bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis pada pembelajaran IPA sangat tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 18 Batu Teritip Dumai.

References

Anurrahman. 2014.Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara. Bahrudin dan Wahyuni, Esa Nur.2008. Teori belajar dan pembelajaran. Jogjakarta : Ar- Ruzzmedia.

Fatthurrohman, Muhammad dan Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras.

Garnida, Dadang & Rudi, Budiman.2002. Buku Pedoman Guru Mata Pelajaran Pendidikan IPA Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Dirjen Lembaga Departemen Agama.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartono, Rudi. 2013.Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid.

Jogjakarta: Diva Press.

Lestari, Kusumawati, Wigati.2006.IPA Saligtemas.Klaten: Intan Prawira. Rahyubi, Heri. 2014.Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sam‟s, Hartiny Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Slamento. 1991. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiatin, Popi dan Sahrani,Sohari. 2011. Psikologi Belajar Dalam Prespektif Islam.Bogor: Gahila Indonesia.

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Gajah mada university prees.

Supijiono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode dan Model-model. Lombok: Holistika.

Suwarno, Lusi, Eko. 2006. Fokus. Kartasura: CV Sindunata

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Pres

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles