http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/issue/feed Jotika Journal in Education 2025-03-07T06:56:45+07:00 Open Journal Systems <p>Jotika Journal in Education diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN <a title="e-ISSN" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210901500582716" target="_blank" rel="noopener">2807-6788</a> merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.</p> http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/166 PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM MEDIA SOSIAL : ANTARA KREATIVITAS DAN NORMA KEBAHASAAN PADA UNGGAHAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM 2024-12-08T10:25:41+07:00 Izza Afkarina Ulinnuha afkrnn06@gmail.com Siti Nur Afifatul Hikmah afifahhikmah16@gmail.com <p>Penggunaan bahasa Indonesia di media sosial menunjukkan interaksi yang kompleks antara ekspresi kreatif dan kepatuhan terhadap norma kebahasaan. Sebagai platform interaksi yang dinamis, media sosial mendorong pengguna untuk bereksperimen dengan bentuk bahasa inovatif guna menarik perhatian, mengekspresikan identitas, dan membangun koneksi sosial. Namun, tren ini juga menimbulkan kekhawatiran terhadap pelestarian norma bahasa Indonesia yang baku. Penelitian ini mengkaji hubungan antara kreativitas berbahasa di media sosial dan norma kebahasaan, serta dampaknya terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Metode penelitian mencakup analisis konten pada unggahan di berbagai platform media sosial, dilengkapi wawancara untuk memahami persepsi pengguna terhadap standar bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna sering menggabungkan gaya bahasa formal dan informal, menghasilkan hibrida bahasa yang khas. Di sisi lain, norma kebahasaan kerap dianggap kaku dan kurang relevan dalam konteks digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun media sosial mendorong inovasi bahasa, langkah strategis diperlukan untuk menyeimbangkan kebebasan kreatif dengan pelestarian norma kebahasaan.</p> 2025-02-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jotika Journal in Education http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/168 KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS KH.MUKHTAR SYAFAAT BLOKAGUNG BANYUWANGI 2024-12-22T17:07:58+07:00 Ahmad Adzka Taufiqillah yahyaadka0909@gmail.com Siti Nur Afifatul Hikmah afifahhikmah16@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa Indonesia dalam penulisan artikel ilmiah oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa angkatan 2022 Universitas KH.Muhktar Syafaat Blokagung Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan model analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan dalam ejaan, seperti penulisan kata, penggunaan huruf, tanda baca, dan kata serapan. Dalam sistematika penulisan, ditemukan banyak kekeliruan, termasuk pada bagian pembuka (judul artikel terlalu singkat dan kurang informatif), pendahuluan (latar belakang artikel tidak sesuai dengan masalah yang diangkat), bagian akhir (simpulan tidak menjawab pertanyaan).</p> 2025-02-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jotika Journal in Education http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/174 TEKNIK PENGUMPULAN DATA EVALUASI PENDIDIKAN 2025-02-10T06:35:58+07:00 Desvi Dahlia Irjus9986@gmail.com Silvia Wulandari Irjus9986@gmail.com Haldian Irjus9986@gmail.com Irjus Indrawan Irjus9986@gmail.com <p>Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya Teknik Pengumpulan Data Evaluasi Pendidikan dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Teori dan pemikiran&nbsp;&nbsp; yang&nbsp;&nbsp; tertuang&nbsp;&nbsp; dalam&nbsp;&nbsp; sumber&nbsp;&nbsp; pustaka&nbsp;&nbsp; digunakan&nbsp;&nbsp; sebagai&nbsp;&nbsp; dasar&nbsp;&nbsp; bagi&nbsp;&nbsp; peneliti&nbsp;&nbsp; untuk mendeskripsikan&nbsp; dan&nbsp; menganalisis&nbsp; seputar&nbsp; Teknik Pengumpulan Data Evaluasi Pendidikan. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data dalam evaluasi pendidikan sangat bervariasi, mulai dari metode tradisional seperti observasi, wawancara, dan angket, hingga teknologi modern seperti platform survei daring, LMS, big data, dan aplikasi mobile. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga pemilihan teknik yang tepat harus mempertimbangkan konteks evaluasi, jenis data yang diinginkan, serta sumber daya yang tersedia.</p> 2025-02-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jotika Journal in Education http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/178 PERAN PENGABDI VIHARA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PUJA BAKTI UMAT BUDDHA MAITREYA VIHARA SUTTA MAITREYA PONTIANAK 2025-03-07T06:53:44+07:00 Lim Kio Hian lim.kio.hian@sekha.kemenag.go.id Rida Jelita rida.jelita@sekha.kemenag.go.id Irawati irawati.irawati@sekha.kemenag.go.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Peran Pengabdi Vihara dalam Meningkatkan Motivasi Puja Bakti Umat Buddha Maitreya di Vihara Sutta Maitreya Pontianak. Penelitian ini dilakukan di Vihara Sutta Maitreya Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.&nbsp; Responden&nbsp; dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; pengurus, pengabdi, dan umat Buddha Maitreya. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dengan interactive model (Miles and Huberman,1994, 12), melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan konsep validasi berupa triangulasi dan member check. Secara teoritis Puja bakti bermakna aspek bakti, keyakinan, moralitas dunia satu keluarga, konsentrasi, dan kebijaksanaan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan puja bakti telah berjalan dengan baik yang ditunjukkan dengan umat melaksanakan puja bakti rata-rata kehadiran sebanyak 50 orang, peran pengabdi Vihara&nbsp; sangat penting dalam memotivasi umat dalam puja bakti, meskipun dengan pandangan umat yang berbeda-beda dalam melakukan puja bakti, pemahaman umat semakin meningkat melalui pembiasaan puja bakti sebagai aspek bakti, keimanan(sradha), sila, dhyana, dan kebijaksanaan( prajna)</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jotika Journal in Education http://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/179 IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA ANTUSIAS DI SMK MUDITA SINGKAWANG 2025-03-07T06:56:45+07:00 Tjong Miau Lim miau.lim@sekha.kemenag.go.id Yadi Sutikno yadi.sutikno@sekha.kemenag.go.id Hosan hosan.hosan@sekha.kemenag.go.id <p>Dalam pandangan agama Budha, karakter dan sikap seorang manusia sangat penting dan mendasar untuk mencapai kehidupan dan masa depan yang cemerlang dan bahagia. Sikap dan karakter yang baik ditunjukkan melalui kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan baik yang diulang-ulang akan membentuk budaya yang baik. SMK Mudita merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bercorak Budha Maitreya di Kota Singkawang. Sikap dasar yang harus dikembangkan oleh siswa dan karyawan di SMK Mudita antara lain adalah mengembangkan karakter yang baik di lingkungan sekolah. Salah satu budaya yang dikembangkan di SMK Mudita adalah budaya antusias. Budaya antusias di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan karakter yang mendorong siswa dan karyawan untuk berhasil secara moral dan akademis di sekolah, selain itu juga menanamkan akhlak yang baik kepada siswa dan karyawan ketika terjun di masyarakat. Selain itu, budaya antusias akan mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian bagi setiap individu dalam kehidupan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik bahasa Indonesia, TU, pengelola kantin, petugas kebersihan, orang tua siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan budaya sekolah berbasis budaya antusias di SMK Mudita Singkawang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain mendeskripsikan 1) Penerapan budaya antusias bekerja di SMK Mudita Singkawang. 2) Penerapan budaya antusias berhubungan dengan orang lain di SMK Mudita Singkawang. 3) Penerapan budaya antusias mencintai hidup di SMK Mudita Singkawang.</p> 2025-02-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jotika Journal in Education