PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INCONNET (STUDI KASUS PERUMAHAN SIDOMULYO PEKANBARU)

Authors

  • Hendra Kasman STMIK Dharmapala Riau

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v2i2.71

Keywords:

Daya Tarik Iklan, Perilaku Konsumen, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain yaitu untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna provider yang menggunakan internet inconnet pada perumahan sidomulyo pekanbaru, yang berjumlah 70 orang kepala keluarga, dengan kriteria penggambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan kriteria tertentu maka dihasilkan jumlah sampel penelitian didapatkan sebesar 61 orang kepala keluarga yang menggunakan provider tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, maka didapatkan hasil penelitian ini yaitu daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo Pekanbaru, perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo Pekanbaru, dan daya tarik iklan dan perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Inconnet pada perumahan sidomulyo Pekanbaru.

References

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Truss Media Grafika, Yogyakarta.

Gohael Menitulo, Paskalis Dakhi dan Timotius Duha, 2021. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, Volume 4, Nomor 2, Juli.

Jumratun dan Muhajirin,2021. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Akuntabel, Volume 18, Nomor 3.

Setyowirasti Astrini dan Mudiantono, 2016. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Iklan, Brand Equity (Studi pada Sabun LUX di Area Semarang). Diponegoro Journal of Management, Volume 5, Nomor 2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suharyadi dan Purwanto. 2011. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.

Sunjoyo, dkk 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Alfabeta, Bandung.

Jacob Aprilia, S.I.H.V Joyce Lapian dan Yunita Mandagie, 2018.Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada MahasiswA FEB UNSRAT. Jurnal EMBA, Volume 6, Nomor 2, April.

Utama Lendra Halim,2020. Peran Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Dan Harga Dalam Memengaruhi Keputusan Pembelian Pembersih Wajah. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 7, Nomor 1.

Wijayanti Trisna, Lamun Bathara, dan Eni Yulinda, 2022. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pecel Lele di Sepanjang Jalan Riau Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, Volume 3, Nomor 2, April.

Yolandita Cintia, Edy Nursanta, Widiyarsih, dan Siti Masitoh,2022. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Market place shopee. Jurnal Sosial dan Teknologi, Volume 2, Nomor 6, Juni.

Downloads

Published

2023-02-07

Issue

Section

Articles