OPTIMALISASI PENGADUAN PASIEN RUMAH SAKIT BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE PROTOTYPE
Keywords:
Sistem Informasi; Pengaduan; Prototype; Performance Efficiency; UsabilityAbstract
Penelitian ini merupakan pengembaangan sistem informasi berbasis website pada pengaduan atau komplain di Rumah Sakit Umum St. Elisabeth Purwokerto. Rumah sakit ini menerapkan dua cara pengaduan yaitu secara langsung ke bagian informasi dan menulis menggunakan form pengaduan. Hal tersebut masih manual sehingga menjadi kurang efektif dan efisien karena penanganan pengaduan membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu dan terdapat 25 unit pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi pengaduan yang interaktif dan mengoptimalkan pengelolaan pelayanan pengaduan pasien di Rumah Sakit Umum St. Elisabeth Purwokerto. Pembangunan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode prototype dengan bahasa pemrograman PHP dan framework yii2. Sistem ini telah melalui pengujian white box testing, black box testing, uji hipotesis dan pengujian manfaat standar ISO 2510. Pengujian ini mendapatkan hasil rata-rata performance efficiency 91,41% dan usability 88,67%. Dengan demikian, dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem informasi pengaduan berbasis website yang dikembangkan berhasil mengoptimalkan pengelolaan pengaduan pasien dan meningkatkan kualitas layanan di Rumah Sakit Umum St. Elisabeth Purwokerto.
References
Kurniasih, H. M. (2022). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Kantor Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang.
Ceria, E., & Setyawati, E. (2023). Sistem Informasi Aduan Masyarakat Banyumas Berbasis Android Android-Based Banyumas Community Complaints Information System. In Jelc (Vol. 9, Issue 2).
Dwi Wulansari, N., Marthasari, G. I., & Wiyono, B. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Rsud Dr. Soedarsono Pasuruan Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Waterfall. Repositor, 5(3), 747–758.
Elda, E. S., Heri Mulyono, & Anggri Yulio Pernanda. (2022). Perancangan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Badan Eksekutif Mahasiswa Berbasis Web. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11. Doi: 10.51454/Decode.V3i1.67
Fakhri Huda, I., Nur, M., & Aziz, L. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Pengaduan Kerusakan It Berbasis Web (Studi Kasus Unit Sim Rsi Surabaya A Yani). In Journal Of Informatics And Busisnes (Vol. 01).
Firgia, L., Muslih, M., Pratama, A., Shanti Bhuana, I., Bukit Karmel No, J., Barat, K., Universitas Nusa Putra, I., Raya Cibolang Kaler No, J., Sukabumi, K., Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, I., Parit Derabak, J., Sungai Raya, K., & Korespondensi, P. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Di Daerah Perbatasan Studi Kasus Desa Cipta Karya (Vol. 8, Issue 2). Retrieved From Https://Rekayasa.Nusaputra.Ac.Id/Index
Imam Santoso, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Nuraeni, E., Gunawan, E., Abdussalaam, F., Sukmawijaya, J., Studi Manajemen Informasi Kesehatan, P., Piksi Ganesha, P., & Studi Manajemen Informatika, P. (2023). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Pasien Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan. Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2). Doi: 10.29408/Jit.V6i2.13680
Panji Agustino, D., Gusti Agung Vony Purnama, I., & Teknologi Dan Bisnis Stikom Bali, I. (2023). Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi Https://Jsisfotek.Org/Index.Php Sistem Informasi Pengaduan Pada Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Bali Berbasis Web. 5(2). Doi: 10.37034/Jsisfotek.V5i1.224
Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19. Doi: 10.52774/Jkfn.V4i1.57
Widiyanto, R. A., & Wicaksono, S. (2022). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Laporan Penjualan Multi Cabang Berbasis Web Dengan Metode Prototype Studi Kasus Toko King Cellular. 1(1). Retrieved From Https://Ojs.Unsiq.Ac.Id/Index.Php/Biner