Pengaruh KPPM 48 Dalam Meningkatkan Kesadaran Anak Didik SDN 173648 Silamosik 1 Dalam Pendidikan

Authors

  • Argatha Samuel Riandika Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ita Purnamasari Simatupang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Herlin Chrisna Maharani Hura Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Adrian Rasmana Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Andre Felix Julius Togatorop Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bahan Sisokhi Loi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Agung Marbun Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Josep Gibson Siahaan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Theo Cristo S.M Simangunsong Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jontri Marbun Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Pendidikan, Meningkatkan Kesadaran Anak Didik, Pengaruh KPPM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program Kelompok 23 Kuliah Praktek dan Pengabdian Mahasiswa 48 (KPPM 48) dalam meningkatkan kesadaran anak didik SDN 173648 Silamosik 1 terhadap pentingnya pendidikan. Dengan menggunakan metode edukasi interaktif dan pembelajaran berbasis komunitas, program ini diimplementasikan melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan keterampilan, media pembelajaran visual, serta permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar, pemahaman materi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Indikator keberhasilan mencakup peningkatan nilai angket minat belajar, hasil tes belajar, serta observasi keterlibatan siswa, yang seluruhnya mencapai atau melampaui target yang ditetapkan. Selain itu, penelitian ini juga mencatat perubahan sikap siswa, seperti peningkatan antusiasme, kemandirian belajar, dan kehadiran yang lebih stabil di sekolah. Keberhasilan program ini didukung oleh metode pembelajaran inovatif, keterlibatan guru dan lingkungan sekolah, serta pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Dengan demikian, KPPM 48 dapat dijadikan model dalam membangun kesadaran pendidikan bagi siswa sekolah dasar, khususnya di daerah yang menghadapi tantangan serupa.

 

References

Arifin, Z., & Yamin, M. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(2), 75-85.

Putra, A., Sitorus, B., & Sirait, N. (2021). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Komunitas di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 45-53.

Rahmat, D. (2019). Pengaruh Program Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 130-140.

Suyanto, A. (2018). Pendidikan untuk Masa Depan: Meningkatkan Kesadaran Anak Didik di Daerah Terpencil. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(2), 101-110.

Arifin, Z., & Yamin, M. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Putra, D., Sari, R., & Nugroho, T. (2021). Strategi Peningkatan Kesadaran Pendidikan di Wilayah Pedesaan. Bandung: Alfabeta.

Rahmat, A. (2019). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, S. (2018). Pendidikan di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Surabaya: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles