Mewujudkan Suasana Belajar Yang Menyenangkan Di Paud Melalui Fasilitas Permainan Kreatif

Authors

  • Steven Prandian Nadeak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yerikho Manik2 Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ebenezer Rajagukguk Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Marsel Gebriel Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Michael Natanael Tarigan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tiurma Elita Saragi Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Permainan Kreatif, Suasana Belajar yang Menyenangkan

Abstract

Artikel ini mengulas pentingnya membangun suasana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui penggunaan sarana permainan kreatif. PAUD memiliki peran utama dalam mengembangkan potensi anak secara menyeluruh, termasuk aspek moral, fisik, kognitif, sosial-emosional, dan bahasa. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini meneliti implementasi permainan kreatif di PAUD KASIH yang berlokasi di Desa Gala Gala Pangkailan, Kecamatan Porsea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas bermain seperti ayunan dan jungkat-jungkit tidak hanya berkontribusi pada perkembangan motorik kasar anak, tetapi juga meningkatkan kreativitas, interaksi sosial, serta keterampilan pemecahan masalah. Suasana belajar yang menyenangkan terbukti mampu meningkatkan motivasi anak dalam memahami konsep-konsep dasar. Artikel ini merekomendasikan pengembangan fasilitas bermain, pelatihan bagi tenaga pendidik, serta keterlibatan orang tua dalam mendukung pengalaman belajar yang optimal bagi anak-anak. Pembangunan fasilitas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak PAUD, sehingga mereka lebih antusias datang ke sekolah setiap hari karena daya tarik dari fasilitas bermain yang tersedia di taman PAUD di Desa Gala Gala Pangkailan, Kecamatan Porsea.

References

Andriani, T. (2012). Permainan

Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 121-136.

Asyruni Multahada, P. M. (2022).

PENGEMBANGAN MOTORIK

KASAR ANAK USIA DINI

MELALUI PERMAINAN

KREATIF. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini , 11-21 .

Jundi, R. (2024). IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN

EDUKATIFDALAM

MENGEMBANGKAN

KETERAMPILAN SOSIAL

PADA ANAK USIA DINI PAUD

KEMAS NUSA INDAH

KECAMATAN BAROS. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 99107.

Komalasari, K. N. (2019).

PENGEMBANGAN JUNGKAT-

JUNGKIT PELEMPAR BOLA

PADA KEMAMPUAN

MOTORIK KASAR ANAK USIA

-5 TAHUN. Jurnal Mahasiswa

Universitas Negeri Surabaya, 1-5.

Mulyono, P. &. (2021). Permainan Kreatif Sebagai Sarana Pembelajaran di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 95-103.

Neni Karyani, T. H. (2018).

MENINGKATKAN

KECERDASAN LOGIKA

MATEMATIKA ANAK

MELALUI PERMAINAN

KREATIF SEDOTAN DI KELAS

A TK DAARUL FIQRI. JURNAL CERIA, 19-23.

Sugiyanto, E. &. (2019). Pengembangan Permainan Kreatif Untuk Anak

Usia Dini di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 134144.

Suryana, D. R. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel untuk

Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak.

JURNALBASICEDU, 605-618.

Uswatun Hasanah, M. (2016).

PENGEMBANGAN

KEMAMPUAN FISIK MOTORIK

MELALUI PERMAINAN

TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 717-733.

Wulandari, D. (2020). Pengaruh Fasilitas Permainan Kreatif terhadap

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini . Jurnal Psikologi Pendidikan , 56-65.

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles