Mewujudkan Suasana Belajar Yang Menyenangkan Di Paud Melalui Fasilitas Permainan Kreatif
Keywords:
Permainan Kreatif, Suasana Belajar yang MenyenangkanAbstract
Artikel ini mengulas pentingnya membangun suasana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui penggunaan sarana permainan kreatif. PAUD memiliki peran utama dalam mengembangkan potensi anak secara menyeluruh, termasuk aspek moral, fisik, kognitif, sosial-emosional, dan bahasa. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini meneliti implementasi permainan kreatif di PAUD KASIH yang berlokasi di Desa Gala Gala Pangkailan, Kecamatan Porsea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas bermain seperti ayunan dan jungkat-jungkit tidak hanya berkontribusi pada perkembangan motorik kasar anak, tetapi juga meningkatkan kreativitas, interaksi sosial, serta keterampilan pemecahan masalah. Suasana belajar yang menyenangkan terbukti mampu meningkatkan motivasi anak dalam memahami konsep-konsep dasar. Artikel ini merekomendasikan pengembangan fasilitas bermain, pelatihan bagi tenaga pendidik, serta keterlibatan orang tua dalam mendukung pengalaman belajar yang optimal bagi anak-anak. Pembangunan fasilitas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak PAUD, sehingga mereka lebih antusias datang ke sekolah setiap hari karena daya tarik dari fasilitas bermain yang tersedia di taman PAUD di Desa Gala Gala Pangkailan, Kecamatan Porsea.
References
Andriani, T. (2012). Permainan
Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 121-136.
Asyruni Multahada, P. M. (2022).
PENGEMBANGAN MOTORIK
KASAR ANAK USIA DINI
MELALUI PERMAINAN
KREATIF. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini , 11-21 .
Jundi, R. (2024). IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN
EDUKATIFDALAM
MENGEMBANGKAN
KETERAMPILAN SOSIAL
PADA ANAK USIA DINI PAUD
KEMAS NUSA INDAH
KECAMATAN BAROS. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 99107.
Komalasari, K. N. (2019).
PENGEMBANGAN JUNGKAT-
JUNGKIT PELEMPAR BOLA
PADA KEMAMPUAN
MOTORIK KASAR ANAK USIA
-5 TAHUN. Jurnal Mahasiswa
Universitas Negeri Surabaya, 1-5.
Mulyono, P. &. (2021). Permainan Kreatif Sebagai Sarana Pembelajaran di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 95-103.
Neni Karyani, T. H. (2018).
MENINGKATKAN
KECERDASAN LOGIKA
MATEMATIKA ANAK
MELALUI PERMAINAN
KREATIF SEDOTAN DI KELAS
A TK DAARUL FIQRI. JURNAL CERIA, 19-23.
Sugiyanto, E. &. (2019). Pengembangan Permainan Kreatif Untuk Anak
Usia Dini di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 134144.
Suryana, D. R. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel untuk
Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak.
JURNALBASICEDU, 605-618.
Uswatun Hasanah, M. (2016).
PENGEMBANGAN
KEMAMPUAN FISIK MOTORIK
MELALUI PERMAINAN
TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 717-733.
Wulandari, D. (2020). Pengaruh Fasilitas Permainan Kreatif terhadap
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini . Jurnal Psikologi Pendidikan , 56-65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Steven Prandian Nadeak, Yerikho Manik, Ebenezer Rajagukguk, Marsel Gebriel Sinaga, Michael Natanael Tarigan, Tiurma Elita Saragi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.