PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PAXEL HOME PANJANG JAKARTA BARAT
Keywords:
Kualitas Pelayanan; Promosi; Kepuasan Konsumen; EkspedisiAbstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Paxel Home Panjang di Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasinya adalah konsumen Paxel Home Panjang di Jakarta Barat yang berjumlah 95.990 konsumen pada tahun 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 47,1% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,340 > 1,984). Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39,6% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,012 > 1,984). Kualitas pelayanan dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan persamaan regresi 9,521 + 0,466X1 + 0,300X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 53,7% sedangkan sisanya sebesar 46,3% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (56,166 > 2,700).
References
Alma, Buchari (2018), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Agrasadya, dan Faisal Reza (2019) Jurnal Ekonomi Efektif, Universitas Pamulang Vol. 1, No. 2, Januari 2019 ISSN : 2622-9935
Ariyanto, A., Anisah, A., & Narimawati, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Lippo Karawaci. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 371-381.
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., ... & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran.
Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 29-36.
Ariyanto, A. (2019). The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 217-228.
Emmas Win Faulina Marbun, Sonja Andarini, (2022). Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, ISSN Cetak : 2656-5099 ISSN Online : 2656-9361 Volume 04 Nomor 02, September 2022
Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.
Fandy Tjiptono, 2019. "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.
Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip
Irawan, Handi, (2017), Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Kolter dalam Tjiptono, Fandy. 2017, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Kotler, P., Keller, K (2017). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi ke 12 Jilid I. PT. Prenhallindo. Jakarta
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016), Marketing Management, Edisi: 15e, United States of America: Pearson Education.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lupiyoadi, R., (2017). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3, Jakarta: Salamba Empat.
Putri Nafra Berliana, Suharyati, Tati Handayani (2020) Prosiding Biema Business Management, Economic, and Accounting National Seminar Volume 1, 2020 | Hal. 440 – 456, E-ISSN: 2746-7910
Purwanti, P., Ariyanto, A., & Ivantan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 535-545.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.
Swasta, B., & Handoko, T. H. William J. Stanton. 2017. Management Pemasaran Modern. PT. Grasindo Persada. Jakarta.