STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN PELAYANAN IBADAH UMRAH

Authors

  • Mohammad Haikalus Shomadani UIN WALISONGO Semarang
  • Pradani Lu’liatil Firdaus UIN Walisongo Semarang
  • Aulia Najwa Zaen UIN Walisongo Semarang
  • Fadlun Wulida Maulidiyah UIN Walisongo Semarang
  • Armita Hasna Salsabila UIN Walisongo Semarang
  • Fania Mutiara Safitri UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56445/jme.v3i2.112

Keywords:

Strategi, Manajemen, Pengelolaan, Pelayanan, Umrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan manajemen penyelenggaraan ibadah umrah di Indonesia, dengan fokus pada pelayanan publik dan kepuasan jamaah. Menggunakan metode systematic literature review, penelitian ini menganalisis berbagai aspek manajemen, seperti rencana strategis, pengelolaan sumber daya manusia, dan pelaksanaan umrah. Hasil temuan menunjukkan bahwa reformulasi manajemen, pembinaan masyarakat terhadap syarat pelaksanaan ibadah, dan strategi pelayanan umrah di Agen Tour Travel dapat meningkatkan kualitas layanan. Diperlukan perhatian khusus terhadap kekurangan dalam sistematisasi agenda di lapangan dan kurangnya pengetahuan jamaah. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas manajemen penyelenggaraan ibadah umrah, dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat, dan respons jamaah terhadap perubahan tersebut, yang dapat membimbing upaya peningkatan dalam penyelenggaraan ibadah umrah di Indonesia.

References

ASIS, ABD. “STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN UMROH (Studi Kasus di Hira Tour Travel).” UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2021.

Dani, Rosida Hasbiran, dan Riyan Sisiawan Putra. “Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Umrah.” Jotika Journal In Management and Entrepreneurship 2, no. 1 (2022): 45–50.

Refenza, Renoctha. “Implementasi undang-undang nomor 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji.” Qiyas: Jurnal Hukum Islam Dan Peradilan 7, no. 1 (2022).

Yusica, Tenna Nissa. “Aktivitas Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan Pelayanan Ibadah Haji.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 17, no. 2 (2017): 113–26.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles