PENGARUH DISPLAY, PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA IVO FASHION BANGKINANG KOTA
DOI:
https://doi.org/10.56445/jme.v3i1.104Keywords:
display, promosi media sosial, lokasi, keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel Display, Promosi Media Sosial dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder, yang diperoleh dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan untuk meguji hipotesis sebanyak 90 pelanggan, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Insidental Sampling. Alat analisa data digunakan model regresi linear berganda, sedangakan pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F dan Uji t pada alhpa lima persen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel Display, Promosi Media Sosial dan Lokasi Berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien Korelasi (R) diperoleh sebesar 0.804, artinya terdapat hubungan erat antara variabel Display, Promosi Media Sosial dan Lokasi dengan Keputusan Pembelian. Selanjutnya kontribusi variabel Display, Promosi Media Sosial dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian sebesar 74,3%, sedangkan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.
References
Alwitri, Y., Putri, L. T., & Diantara, L. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Penjualan Pada Klinik Selera Di Bangkinang Kota Analysis Of The Effect Of Promotion Throught Social Networks On. 233–241.
Afra Wibawa Makna Hayat. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Citra Distro Ouval Research Di. Academia, 2(1).
Anggraeni, R. N., Samboro, J., Niaga, A., & Malang, P. N. (2019). Pengaruh Harga Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Baegopa ? Malang.
Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Dharmeria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk , Kondusivitas. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Xiii(1).
Dr. Vladimir, V. F. (2018). Pengaruh Promosi Media Sosial. Gastronomía Ecuatoriana Y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Elvitria, S., Maskan, M., Niaga, A., Malang, P. N., Hypermart, G., & Olympic, M. (2019). Pengaruh Display Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Giant Hypermart Mall Olympic Garden ( Mog ).
Guiltinan. (2020). Display Produk, Diskon Harga Dan Bundling Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying. Jurnal Ekonomi, 2004, 6–25.
Gunawan, C. B., & Syahputra. (2020). Analisis Perbandingan Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop Di Bandung. Volume 20, Nomor 1 November 2020, 51-62.
Hayat. 2016. Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Distro Oval Research Di Buahbatu Bandung.
Hendrayani. (2019). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Di Planet Surf Mall Panakukang Makassar. Jurnal Economix, 7(1), 37–48.
Irawan, A., Putri, L. T., & Henrizal, H. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Florist Di Kota Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(3), 284-289.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice- Hall Published.
Lisa, W. (2017). Pengaruh Suasana Toko, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Tangkelek Di Kota Padang. 1–7.
Laudon, Kenneth C. & Traver, Carol Guercio.. 2012. E-commerce 2012 (Business, Technology, Society). Eight Edition. Pearson.
M.Sesaria. (2020). Pengaruh Lokasi. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2015, 6–25.
Paila, J., Kalangi, J., & Rogahang, J. (2018). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ud. Sinar Anugerah Pratama Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(001), 269367. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.6.001.2018.19224.
Pratama, R. R. (2018). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Toko Terhadap Keputusan Pembelian El’s Cofee Bandar Lampung.
Pratiningsih, I. (2016). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Aurora Shop Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 4(3), 670–682.
Putu Eka Purnama Dewi, I. G. A. M. D. (2015). Jurnal Manajeman. Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Kerja Pada Kepuasan Kerja Karyawan Happy Bali Tour & Travel Denpasar, 1, 15–25.
Putri, L. T., Putra, R., & Setiawan, A. (2022). Analysis of Promotion Effectiveness Using Instagram Social Media at Zaky & Dicky Cafe. Khazanah Sosial, 4(2), 339-352.
Putri, L. T., & Azhari, A. (2022). The Influence of Product Quality and Prices on Fruit Purchase Decisions at Pekanbaru Fruit Market. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 219-226.
Putri, L. T., Henrizal, H., & Putra, R. (2023). SERVICE MARKETING, HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. BUKIT BATU BANGKINANG. Ensiklopedia of Journal, 5(2), 187-193.
Rahayu, S., Putri, L. T., & Yusril, M. (2023). EFFECT OF SELF-ACTUALIZATION AND REWARD ON EMPLOYEE ACHIEVEMENT PT. MULTISARANA AGRO LESTARI PEKANBARU. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(1), 46-55.
Rangga, A. D., Febryansyah, R., & Informasi, S. (2021). Penerapan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Klinik Bersalin Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Teknologipintar, 1(1).
Rustam, B. R. (2019). Manajemen Risiko: Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. In Salemba Empat. Sriwindarti. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Transportasi Online Grabbike Di Ponorogo. 9–44. Http://Eprints.Umpo.Ac.Id/Id/Eprint/5878
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas. Tanjung, A. (2020). = 0.977< Nilai T. 05(03), 1–18.
Thoyibie, L. 2010. Psikologi Social Media. http://komunikasi-indonesia.org. Diakses tanggal 2 Oktober 2017.
Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono, 2012(2012).
Utami, C. W. (2012). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat