IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS BUDAYA ANTUSIAS DI SMK MUDITA SINGKAWANG

Authors

  • Tjong Miau Lim STAB Maitreyawira
  • Yadi Sutikno STAB Maitreyawira
  • Hosan STAB Maitreyawira

DOI:

https://doi.org/10.56445/jje.v4i2.179

Keywords:

Penerapan, budaya, antusias

Abstract

Dalam pandangan agama Budha, karakter dan sikap seorang manusia sangat penting dan mendasar untuk mencapai kehidupan dan masa depan yang cemerlang dan bahagia. Sikap dan karakter yang baik ditunjukkan melalui kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan baik yang diulang-ulang akan membentuk budaya yang baik. SMK Mudita merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bercorak Budha Maitreya di Kota Singkawang. Sikap dasar yang harus dikembangkan oleh siswa dan karyawan di SMK Mudita antara lain adalah mengembangkan karakter yang baik di lingkungan sekolah. Salah satu budaya yang dikembangkan di SMK Mudita adalah budaya antusias. Budaya antusias di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan karakter yang mendorong siswa dan karyawan untuk berhasil secara moral dan akademis di sekolah, selain itu juga menanamkan akhlak yang baik kepada siswa dan karyawan ketika terjun di masyarakat. Selain itu, budaya antusias akan mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian bagi setiap individu dalam kehidupan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik bahasa Indonesia, TU, pengelola kantin, petugas kebersihan, orang tua siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan budaya sekolah berbasis budaya antusias di SMK Mudita Singkawang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain mendeskripsikan 1) Penerapan budaya antusias bekerja di SMK Mudita Singkawang. 2) Penerapan budaya antusias berhubungan dengan orang lain di SMK Mudita Singkawang. 3) Penerapan budaya antusias mencintai hidup di SMK Mudita Singkawang.

References

Lofland & Lofland. (1984). Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis, Belmont, Cal. Wads worth Publishing Compony.

Moleong, Lexy. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia

Press.

Maryamah, Eva. 2016. Pengembangan Budaya Sekolah, Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam FTK IAIN SMH Banten. Di akses tanggal 16 November 2021.

Ali, Muhammad. 2018. Implementasi Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMAN 5 Selayar. Di akses tanggal 16 November 2021.

Wowor, Cornelis, MA. 2004. Pandangan Sosial Agama Buddha.

KBBI Daring, 2016. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Di akses tanggal 20 November 2021.

Tzu Kuang, Wang. 2015. 人類的生存之路 dalam Tim Maitreyawira. 2017. Jalan Kelangsungan Hidup Umat Manusia. Sumatera utara: Lembaga Pengkajian Dan Penerbitan Kitab Suci Buddha Maitreya Indonesia DPP MAPANBUMI.

Sonika. (2003). Motivasi, Intropeksi dan Harapan. DPD Mapanbumi Riau.

Maru’a, Asmawatinur. 2020. Skripsi Implementasi Pendidikan karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMA PANCA BUDI Medan.,di akses tanggal 25 November 2021.

Amalia, Mailiza. 2017. Pengaruh motivasi belajar, budaya sekolah dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP METTA Pekanbaru.,di akses tanggal 25 November 2021.

Trisnawati, Dwi. 2014. Implementasi pembelajaran Berbasis Budaya pada kelas IV di SD NEGERI GODEAN 2 Sleman, Yogyakarta.,di akses tanggal 30 November 2021.

Indrawati, Oktarina. 2016. Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar Negeri Krebet Yogyakarta.,di akses tanggal 30 November 2021.

Nugrahani, Farida, and M. Hum. 2014 Metode Penelitian Kualitatif, Cakra Books : Solo.

Sutikno, Yadi. 2020. Laporan Hasil Penelitian Dosen Campur Kode Mahasiswa STAB MAITREYAWIRA, Pekanbaru. Di akses tanggal 10 Desember 2021.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta : Bandung.

Kompri, 2017. Manajenen Pendidikan., Ar-Ruzz Media : Yogyakarta.

Kurnia, Adi & Qomaruzzaman, Bambang, 2012. Membangun Budaya Sekolah, Simbiosa Rekatama Media : PT. Remaja Rosdakarya Offset : Bandung.

Yayasan Buddha Amitabha Indonesia. 2010. Budi Pekerti ; Di zi gui, Yayasan Buddha Amitabha Indonesia : Jakarta.

Mahathera, Narada, 2010. The Dhammapada, Yayasan Buddhis Karaniya : Majelis Buddhayana Indonesia.

Nurwito dan Katman, 2019. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas XII, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gainau, M.B. 2016. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Budiasni dan Gede. 2020. Corporate Social Responsibility dalam Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal di Bali (Kajian dan Penelitian Lembaga Perkreditan Desa). Cetakan Pertama. Bali: Nilacakra.

Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmu Dakwah, (Online), Vol.17,No.33 (http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374diakses tanggal 05 Januari 2022).

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles