UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SD NEGERI 021 TARAI BANGUN DENGAN MEDIA GAMBAR TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.56445/jje.v3i2.139Keywords:
Matematika,Hasil Belajar,Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakan media gambar. Peneliti menggunakan gambar sebagai media pembelajaran melalui video simulasi agar siswa dapat dengan mudah memahami konsep perkalian. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 021 Tarai Bangun pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus yang mana pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Pada video simulasi siklus I guru belum maksimal menyampaikan materi pelajaran namun dengan menggunkaan media gambar siswa terlihat antusias dan semangat mengikuti pelajaran. Pada video simulasi siklus II guru tidak memberikan penguatan kepada siswa berupa reward namun siswa sudah aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil akhir penelitian melalui video simulasi pembelajaran menunjukkan mulai dari observasi awal,Siklus I dan siklus II mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Dari data hasil penelitian yang diperoleh maka media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian yang dilakukan dikelas II SDN 021 Tarai Bangun.
References
Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi. Pustaka
Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Arief S. Sadiman (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya. Jakarta: Rajawali Pres.
Arif S. Sadiman, dkk.2002. Media Pendidikan ( Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya), (Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT. RajaGrafindo Persada.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA
Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Elizabeth B. Harloks, Perkembangan Anak, Jilid 2 (Bandung: RemajaRosdakarya: 1990), him. 320.
Ruseffendi, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Eksakta lainnya ( Semarang: IKlP Semarang Press: 1994), him. 193, 323, 94
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.(Jakarta:Raja Grafindo Persada).
Heruman. (2007) Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Ismail, dkk. 2000. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT
Martini. 2011. Pembelajaran Standar Proses Berkarakter: Matematika SMP Kelas 7, 8, dan 9 Berdasarkan KTSP Buku Pengayaan Memvisualisasikan Setiap Konsep dengan Alat Peraga. Jakarta: Prenada.
Mutijah & Novikasari, Ifada. 2009. Bilangan dan Aritmatika. Purwokerto: STAIN Press
Nana Sudjana. (1991). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.
R. Angkowo Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Grasindo
Sirait, Anne. “Pendidikan Calon Guru Berkualitas” Buletin STKIP Surya Suryakanta Edisi 1 Volume 2 tahun 2013.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Surna, I. N., & Pandeirot, O. D. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyanto.1997. Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta : IBRD