PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PELAJARAN PKN SISWA KELAS VI SD NEGERI 007 UTAMA KARYA KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Wiwik Sutarsih FKIP Universitas Terbuka UPBJJ Pekanbaru
  • Nikmah STAI Al-Kifayah Riau

DOI:

https://doi.org/10.56445/jje.v3i2.138

Keywords:

Hasil Belajar, Model Kooperatif

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan  untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi Penerapan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kelas VI SD Negeri 007 Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal  22 April 2021, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 05 Mei 2021.

Pada studi awal motivasi siswa masih sangat rendah, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, siklus I dari 20 siswa yang nilainya sesuai KKM dan yang diatas KKM hanya sebanyak 9 siswa, kenyataan tersebut menunjukkan belum sepenuhnya pembelajaran siklus I berhasil. Pada Siklus II hasil evaluasi belajar yang dicapaipun meningkat. Dari 20 siswa yang mencapai di atas KKM sebanyak 18 siswa, ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sesuai dengan KKM.

Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran  PKn Pancasila sebagai Dasar Negara kelas VI SD Negeri 007 Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

References

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Abu Achmadi dan Narbuko Cholid. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi. Aksara

Ana Arifah, (2013). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 4 SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Depdikbud. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta

Endang Setyo dan Sri Harmini. (2011). PKn Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ibrahim, dkk. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Mawardi dan Suroso (2009). Pengembangan Pendidikan Kewaganegaraan. Salatiga : Widya. Sari.

Mohammad Saroni. (2011). Personal Branding Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyono Abdurrahman. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nyoman, S. Degeng. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk. Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media

Oemar Hamalik. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Robert E. Slavin. (2005), Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media

S. Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara, Yogyakarta: Diandra Pustaka. Indonesia

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain .(2015),Strategi Belajar Mengajar,Jakarta : PT. Rineka Cipta

Trianto Al-Tabany. (2015). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group

W. Gulo, (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo

Wijaya Kusuma. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi, dan. Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Y. Padmono. (2010). Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. (online)Tersedia : http//edukasi.kompasiana.com/2010/10/19/kekurangan-kelebihan-manfaat-dan-penerapanptk.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles