PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEKAITAN. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TERBUKA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.56445/jje.v3i2.137Keywords:
Media gambar, Menulis PuisiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan, guru menggunakan strategi, teknik dan media pembelajaran tidak bervariasi, dan tidak menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilaksanakan penelitian Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pekaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pekaitan.
Sasaran yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekaitan tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media gambar dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Siklus kedua, tindakan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Implementasi tindakan pada siklus II menggunakan media yang sama, yaitu media gambar. Implementasi tindakan pada siklus II lebih menekankan pada aspek- aspek yang peningkatannya belum optimal. Pengamatan yang dipakai dalam penelitian ini termasuk jenis pengamatan tidak terstruktur, yaitu pengamatan yang tidak membatasi pengamatan dengan kerangka kerja tertentu. Pengamatan dilakukan oleh guru dan didokumentasikan dalam catatan lapangan. Pada tahap refleksi, guru bersama kolaborator berusaha memahami proses, masalah, dan kendala yang dihadapi selama perlakuan tindakan. Kriteria keberhasilan tindakan adalah dengan tes menulis puisi menggunakan media gambar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi mampu meningkatkan kemampuan siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum adanya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi berkategori baik.
References
Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Leaning. Bandung: Nusa Media Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Radhita Buana.
Fasriyatin, Desy. 2009. Upaya peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Teknik Kartu Mimpi Dalam Model Pembelajaran Inovatif pada Siswa Kelas XC SMAN 1 Jogonalan Klaten (Skripsi). Yogyakarta: UNY
Jabrohim, Suminto A. Sayuti, Chairul Anwar. 2009.”Unsur-unsur Puisi” dalam Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaluddin. 2003. Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: AdiCita.
Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPEF.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pardjono,dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga peneliian UNY
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmanto, B. 2004. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Sayuti, Suminto A. 1994. Pengajaran Sastra: Pengantar Pengajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilo. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Sutejo. 2008. Buku Ajar Teknik Kreativitas Pembelajaran. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni STKIP PGRI Ponorogo.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
Tim Psikologi Pendidikan. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP UNY. Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.