PENERAPAN ILMU TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Fania Mutiara Safitri Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Ravita Aisyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nailla Mariska Alhumaira Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Farikha Kamilatul A Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Ummi Habibah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Itsna Yulinada H Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56445/jje.v3i2.134

Keywords:

penerapan, teknologi, pesantren

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir setiap lini kehidupan, termasuk kehidupan santri di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap transformasi perilaku santri, ortodoksi dan heterodoksi, akibat dari perkembangan teknologi di dunia pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan beberapa perilaku ortodoksi yang sudah ada sejak dahulu masih terjaga di pesantren, seperti berpakaian sopan, mahir membaca kitab kuning bahkan memahami isinya, selalu mematuhi peraturan pesantren, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Akan tetapi, terdapat pula perilaku yang menyimpang (heterodoksi) yang muncul akibat perkembangan zaman seperti imitasi budaya k-pop, minimnya kemampuan membaca kitab, melanggar tata tertib pesantren, bullying, transformasi otoritas keagamaan santri dan berubahnya sumber primer pembelajaran santri. Namun, terdapat beberapa perilaku yang tetap menjadi ciri khas pesantren seperti solidaritas, mandiri, ta'dzim terhadap kiai, juga mengelola pembelajaran sendiri.

References

Imam Bawani, Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.

Lukman Ali, 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo.

Maulana, Amy. (2020). Pengembangan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Lingkungan Pesantren Tebuireng Jombang. ‘Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(4).

Muriyatmoko, D., & Abdullah, A. F. (2017). Aplikasi Tamrin Lughoh (Pembelajaran Bahasa Arab) Pondok Modern Darussalam Gontor Berbasis Mobile. Semnasteknomedia Online, 5(1

Nurdin Usman, 2002. Konteks Implementasi Berbasis krikulum, Grasindo, Jakarta,

Y. Maryono dan B Patmi Istiana. 2008.Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Yudistira. Bogor.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles